Sabtu, 08 November 2014

BIOGRAFI RAMONA T. MERCER “Maternal Role Attainment—Becoming a Mother”







Melahirkan dan menjadi ibu merupakan pengalaman yang berharga sekaligus menantang. Ibu diharap untuk mampu memainkan peran ganda. Proses menjadi seorang ibu membutuhkan suatu psikologis, sosial, dan fisik yang luas. Seorang perempuan mengalami tinggi kerentanan dan menghadapi tantangan yang luar biasa saat ia membuat transisi ini (Mercer, 2006). Kepercayaan diri ibu rendah akan menunda transisi peran ibu/ identitas serta membatasi kepuasan dalam peran keibuan (Mercer 1986. Dalam Russel 2006)

Mercer (2006) mengatakan,  Perawat memiliki kesempatan yang luar biasa untuk membantu wanita belajar menemukan identitas ibu, mendapatkan kepercayaan, dan peningkatan  identitas diri sebagai ibu.  Dengan teori Becaming a mother, Ramona T. Mercer mengembangkan tentang bagaimana seorang wanita akan menjadi seorang ibu. Teori ini merupakan pelengkap dari teori Maternal Role Attainment. Seorang ibu yang mempunyai kepercayaan diri yang baik, akan dapat melakukan perananya dalam pengasuhan dan perawatan pada bayi, dengan menjadi seorang ibu terlebih dahulu, yaitu mengandung dan melahirkan anaknya (Mercer & Walker, 2006 dalam chatarine 2012).
Teori Mercer ini salah satu contoh midle range theory, memiliki abstraksi lebih rendah (konkrit) yang diturunkan dari teori lain sehingga dapat diaplikasikan pada area keperawatan yang lebih spesifik. Suatu hal yang sangat menarik tentunya, ketika seorang perawat mampu menterjemahkan bagaimana mengembangkan teori ini menjadi lebih mudah untuk dapat diterapkan pada pasien.
     
Biografi Ramona T. Mercer
Ramona T. Mercer memulai karir keperawatan pada tahun 1950, ketika menerima Diploma dari St. Margaret’s School of Nursing di Montgomery Alabama. Dia lulus dengan penghargaan LL.Hill untuk perolehan skolastiknya. Dia melanjutkan sekolah kembali tahun 1960 setelah bekerja sebagai staf keperawatan, kepala perawat dan instruktur di bagian pediatrik, obstetrik dan penyakit menular. Dia medapatkan gelar sarjana keperawatannya pada tahun 1961 dari University Of New Mexico,  Albuqurque. Kemudian melanjutkan jenjang Master pada maternal child dari Emoy University pada tahun 1964 dan melengkapinya dengan geral PhD pada keperawatan maternitas papittsburgh universitas pada tahun 1973. 
Setelah memperoleh gelar PhD, Mercer berpindah ke California mendapatkan posisi sebagai asisten professor di bagian perawatan kesehatan keluarga pada Universitas California. Saat itu dia dipromosikan sebagai professor pada tahun 1977 dan tahun 1983 diangkat menjadi professor. Dia menjalankan peran tersebut sampai pensiun tahun 1987. Saat ini mercer adalah professor emeritus di perawatan kesehatan keluarga pada Universitas California, San fransico. Dia juga aktif menulis dan menjadi konsultan (Riwayat hidup Dr. Mercer, Personal Communiasi, April, 2004).   
Mercer menerima penghargaan atas pencapaiannya. Pada tahun 1963, sambil bekerja dan menyelesaikan studinya di belakang keperawatan, ia bekerja di kesehatan lagi, pendidikan dan kesejahteraan pada pelayanan kesehatan di nurse trainncee award di universitas emory diinduksi menjadi sigma theta tau, gelar tersebut diterima selama di bekerja di  universitas pittsburg. Dia juga menerima biasiswa bixler untuk studi doctoral. Pada tahun 1982, dia menerima penghargaan maternal child health nurse of the year dari national foundation of the macrh dan primer and American nurse association, pada bagaian maternal child health proatice. Penghargaan untuk penelitian yang dilakukan adalah America societytes psychoprophylaxis in obstetrics (ASPO) / Lamaze national research award pada 1987, the distinguished researched lecture award,western institute of nursing pada 1958 dan dari America nurse foundation Distinguehed contributing of nursing science award pada 1990. (Mercer curriculum vitae, 2000).mercer telah menulis beberapa artikel, editor dan opini. Ia juga mempublikasikan 6 buah buku dan 6 bagian buku. 
Pada awal risetnya, mercer berfokus pada perilaku dan kebutuhan ibu menyusui, ibu dengan penyakit post partum, ibu yang melahirkan bayi dengan cacat dan ibu dengan usia muda. Bukunya yang pertama Nursing care for parent at risk (1977) memperoleh penghargaan American jurnal of nursing book of the year award pada 1978. Studinya pada ibu remaja yang melewati tahun pertama kehidupan rumah tangga di hasilkan 1979, Prespective on nursing health care, juga mendapatkan penghargaan American jurnal of nursing book of the year pada 1980. Penelitian selanjutnya membawa mercer pada studi hubungan keluarga dengan peran ibu yang terjadi pad ibu di berbagai tingkatan usia. Pada 1986, penelitian mercer pada tiga kelompok usia ibu dituangkan di buku ketiganya. Fist time of motherhood: experience from teen to fourties. Bukunya yang kelima, parent at risk  yang diterbikan tahun 1990 juga menerima penghargaan American journal of nursing book of the year. Parent of risk fokus pada strategi untuk memfasilitas interaksi orang tua pada masa awal dan menjelaskan kemampuan parental terkait dengan situasi bahaya tertentu. 
Buku mercer yang ke-6, becaming a mather reaserch an maternal identity from rubin to the present, pada saat itu diterbitkan oleh spinger publishing company of new York pada 1995, buku ini tercantum penjelasan yang lebih lengkap dari teori mercer mengenai maternalrole attainment dan kerangka kerjanya. Untuk memperlancar berbagai hal yang mempengaruhi maternal role. 
Sejak publikasi pertamanya pada tahun 1968, Mercer telah menulis berbagai artikel untuk keperawatan dan non keperawatan. Pada tahun 1990 Dia juga menerbitkan tulisannya di several online courses for Nurseweek dan pada awal tahun 2000  menerbitkan “Adolescent Sexuality and Child-bearing,” “Transitions to Parenthood,” and “Helping Parents When the Unexpected Occurs.”. 
Mercer dipertahankan keanggotaan dalam beberapa organisasi profesi, termasuk American Nurses Association dan American Academy of Nursing, dan menjadi anggota aktif pada banyak komite nasional. Dari 1983-1990, ia menjadi editor Asosiasi Health Care for Women International. Mercer dijadikan pada review panel untuk Nursing Research and Western Journal of Nursing Research dan di dewan editorial Journal of Adolescent Health Care, dan dia menjadi anggota dewan penasehat eksekutif Nurseweek. Dia juga menjabat sebagai reviewer untuk berbagai hibah proposal. Selain itu, dia aktif terlibat dengan pertemuan regional, nasional, dan internasional ilmiah dan workshops (Mercer, curriculum vitae, 2002). pada bulan November 2003, Dia mendapat kehormatan (honored) sebagai Legenda Hidup oleh American Academy of Nursing selama Pertemuan Tahunan dan Konferensi di Carlsbad, California. Pada tahun 2004, Mercer juga mendapat kehormatan (honored)  oleh University of New Mexico dan menerima penghargaan di alumni aword sebagai the first college of nursing distinguished. Pada tahun 2005, ia diakui sebagai salah satu alumni yang paling luar biasa di fakultas, dan namanya muncul di Wall of Fame di University of California, San Francisco.




 
 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar